Rabu, 27 Februari 2013

Cara Meraih Sukses

 Image: Corbis

Jangan takut gagal

Kegagalan dalam mencoba sesuatu adalah hal yang biasa terjadi. Kumpulkan keberanian untuk menerima risiko dalam bentuk apa pun. Kesuksesan yang akan kita raih dalam dunia kerja nanti akan bisa mengombang-ambing kita jika kita tidak memiliki mental yang kuat.

Seiring dengan berjalannya waktu, risiko yang menimpa kita saat kita menghadapi rintangan bisa membentuk mental yang tangguh. Jadi, jangan pernah menakuti kegagalan jika ingin menggapai kesuksesan hakiki.

Cermat dalam memilih


Kehidupan akan menghadapkan kita pada pilihan-pilhan hidup yang akan membentuk diri kita. Pilihan-pilihan inilah yang harus kita kaji secara matang agar mendapatkan pilihan yang benar-benar kita inginkan.

Namun, tidak sedikit kejadian yang membuat kita menjatuhkan pilihan karena pengaruh dari teman atau karena ajakan teman. Padahal, kita belum tentu mengerti dengan apa yang kita pilih tersebut. Alhasil, jika ternyata pilihan itu tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan, maka kita akan menghadapi bahaya. Pasalnya, kita tidak bisa menjalankannya dengan maksimal.

Maka dari itu, lihatlah peluang dengan cermat. Jangan memandangnya hanya dari kacamata apa yang akan kita dapatkan. Pandanglah, apakah pilihan tersebut akan membuat diri kita berkembang atau tidak. Sukses pun akan menghampiri kita saat kita memilih pilihan yang tepat.

Tetap berpikir positif


Rintangan seringkali menghampiri saat kita sedang mengerjakan pekerjaan yang sudah menjadi pilihan. Pekerjaan itu bisa jadi meliputi kegiatan perkuliahan. Jurusan yang kita pilih adalah pilihan yang sudah mantap dan tentu dengan mempertimbangkan segala aspek yang ada di dalamnya. Namun, ada saja hal yang membuat diri kita merasa berat berangkat ke kampus atau untuk masuk kuliah. Atau, mendapati teman yang tidak sesuai dengan karakter kita, sehingga malas untuk bertemu si teman.

Masalah-masalah tersebut jangan dianggap seperti hal yang menakutkan. Hadapi, dan teruslah jalani dengan penuh semangat. Semangat yang tumbuh seketika saat kita menghadapi rintangan tersebut, akan mendatangkan pikiran positif dengan sendirinya. Jadi, kita tidak akan memandang hal tersebut sebagai suatu masalah dalam diri kita. Let it flow.

Berilah yang terbaik dalam setiap hal
Melakukan pekerjaan tanpa ada passion di didalamnya tentu akan terasa sangat hambar. Tetapi justru, hal ini yang akan mengantarkan kita ke dalam dunia baru yang berlum pernah kita lakukan. Jika, kita berada dalam comfort zone, kita akan terus melakukan hal yang standar, yang biasanya kita lakukan. Situasi baru ini akan membuat diri kita berkembang. Dengan catatan, kita harus menjalaninya dengan sepenuh hati, sehingga kita bisa memberikan hasil terbaik. Tidak hanya kepada orang lain yang bersangkutan dengan pekerjaan kita, tetapi juga untuk diri kita sendiri.

Tanggung jawab
Walaupun kelihatan klise, point yang satu ini ternyata berdampak banyak terhadap perjalanan kesuksesan banyak orang. Sebab, hal ini merujuk kepada kenyataan bahwa tidak selamanya seseorang akan terus menang dalam setiap kompetisi. Sebaliknya, semua orang memiliki kekurangan dalam dirinya sendiri. Dalam hal ini, tanggung jawab merupakan alat paling mujarab untuk membuat semuanya terlihat baik-baik saja. Tuntutan profesionalisme yang tinggi dalam dunia kerja yang akan kita hadapi nanti akan lebih mematangkan rasa tanggung jawab kita.

Menjadi orang yang bertanggung jawab memang bukanlah hal yang serta merta bisa terjadi begitu saja. Ia bisa diasah sejak dini, sehingga kita akan sudah memiliki bekal ketika saatnya diperlukan. Berorganisasi atau sering melibatkan diri sebagai pemangku jabatan yang belum pernah kita dapati sebelumnya adalah hal yang paling baik agar kita dapat mengukur diri dan mengetahui seberapa bertanggung jawabnya kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar